Wednesday, March 27, 2019

KERAJINAN LIMBAH SISIK IKAN

 Kerajinan Limbah sisik ikan

Berikut ini adalah cara mengolah sisik-sisik ikan agar dapat dipakai sebagai bahan baku produk kerajinan.
1) Sisik-sisik ikan direndam selama 2 jam dengan air detergen dan dibilas dengan air bersih sebanyak 3 kali hingga benar- benar bersih dari detergen.
2) Rendam kembali sisik-sisik ikan dengan campuran air jeruk nipis dan air selama 2 jam agar bau amisnya hilang.
3) Pisahkan sisik ikan sesuai ukuran dan ketebalan dan tiriskan dengan saringan.
4) Pemberian warna pada sisik-sisik ikan diperlukan kehati- hatian. Rebuslah air hingga hangat dengan ditambahkan larutan benzoat sebagai pengawet.
5) Masukkan pewarna wantex atau cat tekstil pada panci dan masukkan pula sisik-sisik ikannya. Perlu diperhatikan jangan sampai air menjadi mendidih, karena sisik ikan akan menjadi matang dan menempel satu sama lain.
6) Matikan kompor dan biarkan sisik-sisik ikan itu terendam zat warna selama 20 menit.
7) Tiriskan sisik-sisik ikan dan keringkan dengan cara diangin-anginkan agar permukaan tidak melengkung.

A. Bahan pembuatan kerajinan dari limbah sisik ikan
Bahan pembuatan kerajinan limbah sisik ikan di antaranya, sisik ikan, pewarna, jeruk nipis, natrium benzoat, semprot clear, dan aneka pernak-pernik aksesoris seperti peniti bros, kawat anting-anting, tali kalung, penjepit rambut, dan sirkam.
Image result for a. cangkang kerang, b. pewarna, c. jeruk nipis, d. semprot clear, e. natrium benzoat, f. aneka pernak-pernik aksesoris, seperti peniti bros, dan g. kawat anting-anting.Image result for b. pewarnaImage result for JERUK NIPISImage result for semprot clearImage result for natrium benzoatImage result for peniti brosImage result for kawat anting-anting
b) Alat pembuatan kerajinan limbah sisik ikan Alat pembuatan kerajinan limbah sisik ikan yang digunakan adalah tang lancip, panci, spatula, dan kompor.
Image result for a. tang lancipImage result for spatulaImage result for panci
Image result for kompor
c) Produk Kerajinan dari bahan limbah sisik ikan Limbah sisik ikan bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan aksesori seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang. Hasilnya lebih terlihat unik, artistik, dan menarik. Selain itu, dapat pula dikembangkan menjadi bentuk-bentuk penghias kartu, wadah serbaguna, dan miniatur hewan bersisik seperti naga atau bentuk lainnya. Perbanyaklah mengamati benda-benda di sekitar untuk menghasilkan karya yang lebih inovatif.
                            Image result for Produk  kerajinan sisik ikan; a. anting-anting, b. sendal,  dan c. kalung.
d) Proses pembuatan kerajinan dari bahan limbah sisik ikan 
Kerajinan limbah sisik ikan yang akan dibuat adalah bentuk aksesoris. Bentuk aksesoris ini tergolong mudah dan sederhana untuk dikerjakan di rumah tanpa menggunakan alat khusus.
Image result for Proses  pembuatan kerajinan sisik ikan.


No comments:

Post a Comment

Ciri-ciri Bahan Keras

Ciri-ciri  Bahan Keras  1. Bahan Keras Alam a. Kayu Kayu terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya; mahoni, pinus, jati, hitam, n...