Wednesday, March 27, 2019

KERAJINAN LIMBAH CANGKANG KERANG

 Kerajinan Limbah Cangkang Kerang

1) Bahan pembuatan kerajinan dari cangkang kerang
Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan cangkang kerang adalah kerang. Kerang yang dimanfaatkan juga beragam bentuknya. Setiap kerang memiliki nama seperti kerang darah, kerang hijau, kerang lokan, kerang remis, dan kerang tiram. Bahan-bahan tersebut dapat dipadukan dengan berbagai hiasan seperti logam perak, manik-manik, dan mata-mataan untuk bentuk hewan.

                               Image result for Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 1.6. Aneka kerang; dan. kerang darah, b. kerang hijau, dan c. kerang lokan.
2) Alat pembuatan kerajinan cangkang kerang
Alat pembuatan kerajinan kerang di antaranya amplas, kikir, dan lem tembak. Ada juga yang menggunakan mesin gerinda untuk menghaluskan atau membuang bagian yang tidak perlu.
                              Related image

3) Produk kerajinan dari limbah cangkang kerang 
Hasil dari limbah cangkang kerang adalah kerajinan yang unik dan disukai banyak orang. Cangkang kerang yang berukuran kecil dan pipih dapat dibuat sebagai pelapis tempat sabun, penghias frame foto atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan, dan aneka lampu. Cangkang kerang yang berukuran sedang dapat dijadikan sebagai tirai,  replika hewan, bunga, dan miniatur bangunan.
                                     Image result for Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 1.9. Produk kerajinan cangkang kerang. 
4) Proses pembuatan kerajinan dari limbah cangkang kerang Kali ini yang akan dibuat adalah cangkang kerang beraneka macam yang dipadukan menjadi sebuah gantungan kunci lucu dan unik. Teknik yang digunakan hanya dengan pengeleman saja. 
                               Image result for Pilih cangkang kerang yang akan digunakan.


                                                        Image result for Boneka kerang sudah jadi. Tempelkan gantungan kunci di bagian atas, dengan dilubangi terlebih dahulu.




No comments:

Post a Comment

Ciri-ciri Bahan Keras

Ciri-ciri  Bahan Keras  1. Bahan Keras Alam a. Kayu Kayu terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya; mahoni, pinus, jati, hitam, n...