Wednesday, August 14, 2019

Komponen Instalasi Listrik

FUNGSI DAN JENIS PERALATAN LISTRIK 

a. Bergainser 
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal dan juga berfungsi sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan di rumah tinggal tersebut. Bergainser memiliki 3 bagian utama, yaitu:
↪ MCB (Miniatur Circuit Breaker), berfungsi untuk memutuskan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi batasannya.
↪ Meter listrik atau kwn meter, alat ini berfungsi untuk mengukur besaran daya yang digunakan oleh rumah tinggal tersebut dalam satuan kWh (kilowatthour).
↪ Spin Control, merupakan alat control penggunaan daya dalam rumah tinggal dan akan selalu berputar selama ada daya listrik yang digunakan.
↪ Pada kanal output bergainser biasanya terdapat 3 kabel yaitu kabel fasa, kabel netra, dan kabel ground yang dihubungkan ke tanah.

b. Pengamanan Listrik 
Berfungsi untuk memutuskan rangkaian listrik apabila terjadi gangguan pada instalasi listrik rumah tinggal, seperti gangguan hubungan arus pendek atau short sirkuit atau korsleting. Berikut 2 jenis pengamanan listrik pada instalasi rumah tinggal:
↪ Pengamanan lebur biasa atau biasa disebut sekering, alat pengamanan listrik ini bekerja memutuskan rangkaian listrik dengan cara meleburkan kawat yang ditempatkan pada suatu tabung apabila kawat tersebut dialiri arus listrik dengan ukuran tertentu.
↪ Pengamanan listrik thermos, biasa disebut MCB, merupakan alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas.



No comments:

Post a Comment

Ciri-ciri Bahan Keras

Ciri-ciri  Bahan Keras  1. Bahan Keras Alam a. Kayu Kayu terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya; mahoni, pinus, jati, hitam, n...