Wednesday, March 27, 2019

KERAJINAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA

Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

1) Bahan pembuatan kerajinan dari tempurung kelapa
Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa yaitu tempurung kelapa, lem putih, politur, dan dempul.
Related imageImage result for b. lem putih, c. politur, dan d. dempul.  aRelated imageImage result for dempul
2) Alat pembuatan kerajinan dari tempurung kelapa 
Alat yang digunakan untuk pembuatan kerajinan tempurung kelapa adalah amplas, dan gergaji besi.
                                Image result for gergaji besiImage result for amplas
3) Produk kerajinan dari limbah tempurung kelapa 
Kerajinan dari tempurung kelapa memang tidak mudah untuk dibuat. Namun, apabila tahu cara dan tips membuat kerajinan tangan dari tempurung kelapa, kesulitan itu akan menjadi kemudahan. Di tangan orang-orang kreatif, tempurung kelapa yang awalnya dianggap sebagai benda sampah yang mengotori lingkungan diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Salah satu contoh para pengrajin dari Yogyakarta. Dari tempurung  kelapa bisa dihasilkan souvenir pernikahan, perabotan rumah tangga, seperti sendok sayur, tempat minum, gayung air, asbak rokok, dan piring. Selain itu tempurung kelapa juga bisa dibuat berbagai aksesoris seperti kalung, figura, miniatur kendaraan, dan ukiran.
Image result for a. wadah sambal tempurung kelapaImage result for ikat pinggang tempurung kelapaImage result for sandal tempurung kelapaImage result for sendok sayur tempurung kelapa
4) Proses kerajinan dari limbah tempurung kelapa Untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa perlu diperhatikan hal-hal berikut ini. 
a. Pilihlah tempurung kelapa yang sudah benar-benar tua dan kering dengan ciri bagian potongannya berwarna kehitaman. 
b. Bersihkan serabut kasar di permukaan tempurung kelapa menggunakan pecahan kaca atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati. 
c. Bersihkan sisa serabut halus pada permukaan tempurung menggunakan amplas kasar, kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata. 
d. Agar permukaan tempurung mengilap, kamu dapat meng gosok permukaan tempurung menggunakan daun kering secara berulang sampai terlihat mengilap. Cara lain yang bisa ditempuh dengan mengecatnya menggunakan cat pernis. 
e. Potong tempurung sesuai dengan pola kerajinan yang akan dibuat menggunakan gergaji besi.


No comments:

Post a Comment

Ciri-ciri Bahan Keras

Ciri-ciri  Bahan Keras  1. Bahan Keras Alam a. Kayu Kayu terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya; mahoni, pinus, jati, hitam, n...